Senin, 24 Agustus 2020

Ringkasan muatan Bahasa Indonesia Tema 2 Subtema 1

 

Materi  Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4

Selasa, 25 Agustus 2020

Menggali Informasi Penting Melalui Peta Pikiran Menggunakan Kata Tanya

(Apa, Mengapa, Siapa, Bagaimana, Kapan dan Dimana)

 

·         Untuk dapat memahami dan menggali informasi penting dari sebuah teks kita dapat menggunakan kata tanya Apa, Mengapa, Siapa, Bagaimana, Kapan dan Di mana

·         Jenis-jenis Kata Tanya beserta Fungsinya

1.       Apa

Merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan sesuatu baik berupa keadaan atau perbuatan yang berkaitan dengan isi atau inti bahasan.

Jawaban untuk kata tanya Apadapat berupa pengertian, keterangan ataupun penjelasan

2.       Siapa

Merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan pelaku yang terkait atau ikut dalam suatu peristiwa atau kejadian.

Jawaban untuk kata tanya Siapaadalah orang atau pelaku suatu tindakan

3.       Mengapa

Merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa terjadi.

Jawaban untuk kata tanya mengapa adalah penyebab sebuah peristiwa terjadi,  yang biasanya dimulai dengan kata karena atau sebab

4.       Bagaimana

Merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan cara, proses, keadaan atau  kejelasan suatu hal.

Jawaban untuk kata tanya bagaimana adalah proses, atau cara sebuah peristiwa terjadi, atau dapat juga berupa keadaan atau kejelasan suatu hal.

5.       Kapan

Merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan waktu terjadinya suatu peristiwa atau kejadian.

Jawaban untuk kata tanya kapan dapat berupa jam, hari, tanggal, bulan, tahun ataupun lamanya sebuah kejadian.

6.       Dimana

Merupakan kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan tempat suatu peristiwa atau kejadian berlangsung.

Jawaban untuk kata tanya di mana dapat berupa sebuah tempat, arah atau lokasi

 

·         Contoh mengisi peta pikiran menggunakan kata tanya (dari buku tema 2 Subtema 1 hal 2 dan 3 )

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

 

Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut menjadi tonggak sejarah dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya. Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.

Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1. Para penyusun teks proklamasi adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalahIr. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.

 

Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56telah hadir, antara lain, Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan.

 

 

Berdasarkan teks kita dapat mengisi peta pikiran dengan cara mengarahkan semua pertanyaan pada tema teks yaitu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sehingga peta pikiran dapat kita isi sebagai berikut :

Misal kita hendak mengisi pertanyaan Apa

 

Maka pertanyaan yang dapat kita buat : Apa yang dimaksud dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia ?

Jawabannya : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan tonggak sejarah dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya



 

·         Dari peta pikiran yang telah kita isi, kita pun dapat mengembangkannya dalam bentuk tulisan dengan kata-kata kita sendiri

Contoh

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta di Jl. Pengangsaan Timur no 56 Jakarta dan dilanjutkan dengan pidato singkat Bung Karno serta pengibaran bendera Merah Putih telah menjadi tonggak sejarah Bangsa Indonesia memerdekakan diri dan kita wajib mempertahankannya dengan berpartisipasi mengisi kemerdekaan dengan belajar secara sungguh-sungguh agar kita tidak dijajah lagi oleh bangsa lain dalam bentuk apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar